Bir Toraja

Bir Toraja

Bir Toraja


Bir Toraja atau dikenal sebagai ballo atau tuak merupakan minuman beralkohol dengan kadar 5 hingga 10 persen. Warnanya yang putih seperti air beras, berbau seperti asam cuka dan memiliki dua rasa yaitu manis dan asam atau kecut. Minuman ini berasal dari pohon enau atau ijuk yang disaring dengan metode tradisional namun tidak semua pohon tersebut mampu menghasilkan bir toraja yang baik. Diperlukan pengetahuan khusus untuk menemukan pohon yang baik dan tidak semua orang Toraja mahir dalam hal ini.


Minuman ini telah menjadi minuman sehari - hari masyarakat Toraja. Bir Toraja ini juga biasanya dihidangkan pada upacara - upacara Rambu Solo dan Rambu Tuka (baca: Budaya Toraja). Rasanya yang khas sangat cocok dengan udara Toraja yang dingin. Minuman ini dikonsumsi sebagai penghangat badan dan juga digunakan sebagai alat pemersatu masyarakat di sebuah acara khusus atau pun acara biasa.

Bagi anda yang berkunjung ke Toraja, minuman ini sangat pantas untuk anda coba. Ada banyak warung - warung makan di seluruh wilayah Toraja menyediakan bir Toraja yang khas ini. Akan sangat nikmat jika bir Toraja anda sandingkan dengan masakan dari daging kerbau atau pun daging babi. Suhu yang dingin di malam hari dapat terlewati hanya dengan mengkonsumsi minuman ini.






No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates