Londa


Objek Wisata Toraja

Bagi anda yang menyukai kunjungan wisata yang penuh mistis, Londa merupakan salah satu tempat yang memiliki unsur tersebut. Objek wisata ini merupakan makam goa yang berada di sebuah bukit tinggi yang dipenuhi oleh peti, tulang dan tengkorak jenazah. Tak hanya itu, anda juga akan menemui barisan patung kayu, yang dikenal dengan nama Tau-Tau, merupakan patung dari jenazah yang dimakamkan di lokasi ini. 

Di daerah sekitar Tau-Tau akan tampak peti – peti jenazah (erong) yang disokong oleh kayu sebagai penahan sehingga peti – peti tersebut dapat berada di dinding bukit. Peti mati (eron) ini adalah peti mati dari para bangsawan atau orang yang kedudukannya terhormat di masyarakat. Semakin tinggi letak atau posisi peti semakin tinggi pula posisi orang tersebut di dalam masyarakat.  

Bagi masyarakat Toraja, orang yang telah wafat dapat membawa serta harta miliknya. Inilah alasan mengapa letak peti – peti mati tersebut berada di tempat yang tinggi. Selain untuk melindungi harta yang berada di peti, masyarakat Toraja juga percaya bahwa semakin tinggi letak peti tersebut maka semakin dekat pula perjalanan roh jenazah menuju nirwana.

Objek Wisata Toraja

Jika belum terasa mistis, anda dapat menguji nyali dengan memasuki goa yang berada di kaki bukit. Goa ini berisikan tulang dan tengkorak jenazah yang dimakamkan disana. Kedalaman goa sendiri berkisar antara 900 hingga 1000 meter. Akan anda temui banyak stalagtit dan stalagmite sehingga anda harus berhati – hati ketika menyusuri goa dan terlebih, ketinggian tempat di beberapa bagian goa hanya berkisar 1 meter. Hal ini membuat anda tidak dapat berjalan tegak alias membungkuk. 

Dikarenakan jalur yang dilalui tidak mudah dan tidak adanya alat penerangan di dalam goa, disarankan bagi anda untuk menyewa lampu penerang (petromax) yang disediakan di lokasi ini dengan tarif berkisar ± Rp 25.000. Jika anda tidak ingin membawa lampu ini sendiri, anda dapat meminta guide atau pemandu anda untuk membawakannya. Sementara tarif pemandu sendiri dibebaskan kepada anda sesuai dengan pelayanan yang diberikan. 

Perjalanan menelusuri goa tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang takkan anda temui di tempat lain. Dan hal penting yang perlu diingat adalah anda tidak boleh memindahkan terlebih mengambil tulang dan tengkorak atau benda lain yang berada di dalam goa. Hal ini merupakan etika yang harus anda lakukan ketika berkunjung ke objek wisata Londa. Hal lain yang juga perlu diperhatikan ketika berkunjung adalah dengan membawa sirih dan buah penang atau kembang sebagai pertanda meminta izin.

Objek wisata ini sendiri terletak di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi. Lokasi wisata ini berjarak ± 7 KM selatan Kota Rantepao. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan layanan jasa ojek, bemo atau pun mobil sewaan.

*Apabila terdapat peti mati yang jatuh dari tebing karena rapuh, maka isi dari peti seperti tulang, tengkorak, dan yang lainnya tidak boleh anda pindahkan tanpa persetujuan adat dan atau tanpa melalui serangkaian upacara adat. Oleh karena itu, Anda perlu berhati – hati!

[Baca Juga] Objek wisata dari Tana Toraja



1 comment:


  1. BONUS 10% NEW MEMBER S1288 & SV388 (Sabung Ayam Online)
    • Minimal deposit Rp.100.000,-
    • Max bonus sebesar Rp.5.000.000,-
    • Dilarang untuk melakukan Safety Bet / No Risk Bet
    • Jika ingin melakukan WD harus mencapai Kemenangan 3x.
    contoh : deposit 1.000.000 + bonus 100.000 = 1.100.000 x 3 = 3.300.000 Credit yang harus di capai
    ☻♠☻♠☻♠ GOOD LUCK☻♠☻♠☻♠
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami:
    Whatsapp : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates