Kete Kesu

Objek Wisata Toraja


Kete Kesu merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Kabupaten Toraja Utara. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang berkunjung setiap tahun di objek wisata ini setiap tahunnya. Disini anda dapat melihat barisan rumah adat masyarakat Toraja (Tongkonan) dan makam batu yang berusia sekitar 500 tahun. 

Rumah Tongkonan yang berdiri di area wisata ini sendiri diperkirakan berumur 400 tahun. Di rumah adat ini, pengunjung dapat melihat bentuk rumah, ukiran – ukiran khas Toraja, lumbung padi (alang sura), barisan tanduk kerbau yang terpapang di tiang rumah. Semakin banyak tanduk kerbau yang tersusun, semakin tinggi pula derajat sosial penghuni rumah adat tersebut. Tak hanya berkunjung dan melihat tapi anda juga dapat belajar dan mengenal lebih jauh mengenai budaya Toraja. 

Rumah Tongkonan yang berada di kawasan ini dirikan oleh Puang Ri Kesu dan diwariskan secara turun temurun kepada kerabatnya. Hingga saat ini, keturunan dari Puang Ri Kesu masih menjaga dan melestarikan rumah adat tersebut. Kompleks ini sendiri menjadi cagar budaya tetapi terkadang juga digunakan sebagai tempat upacara pemakaman adat.  Kete Kesu di mata dunia adalah potret kebudayaan megalitik yang lengkap di Kabupaten Toraja Utara. 

Berbagai macam suvenir dengan ukiran khas Toraja untuk anda bawa pulang sebagai cinderamata juga tersedia di kawasan objek wisata ini. Ada nampan, tatakan gelas, gelang, kalung, patung, hiasan dinding, dan lukisan. 

Hamparan sawah nan hijau juga udara bukit yang segar akan menambah kenikmatan liburan anda bersama keluarga dan teman. Anda juga dapat berfoto dan melihat sendiri betapa kaya budaya yang dimiliki masyarakat Toraja. Jangan lupa untuk berfoto bersama kerbau – kerbau khas Toraja baik kerbau hitam (biasa) maupun kerbau belang (tedong bonga). 

[Baca Juga] Objek wisata lain dari Tana Toraja




No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates